Kamis, 20 Januari 2011

Ini Dia Keunggulan Playbook

PUTRICANDRAMIDI -

Playbook (technonsense.com)

Nusa Dua, Bali, (tvOne)

Konsultan Pengembangan Senior Researh In Motion (RIM), Neil Sainsbury, menyatakan, perangkat keras dan lunak PlayBook, akan hadir di tengah masyarakat dengan sejumlah keunggulan aplikasi program dan pemakaian serat sesuai keperluan pengguna. Hal itu dia nyatakan dalam sesi perkenalan PlayBook BlackBerry (BB) pada Konferensi para pengembang BB pertama di luar Amerika Utara dan pertama di Asia bertajuk BlackBerry DEVCONAsia 2011, di Nusa Dua, Bali, Kamis (13/1).

Direktur Senior Penelitian dan Pengembangan RIM, Christopher Smith, menjadi sebagai pembicara kunci pada pembukaan BlackBeerry DevconAsia 2011. Smith merupakan person yang telah berkiprah dalam tim RIM dan menyukseskan perusahaan itu dengan mengembangkan BB dalam hal Developer Tools, Java Platforms, Web Platforms, dan program dengan mitra, termasuk dengan IBM, Lotus, facebook, dan TicketMaster.

Menurut Sainsbury, PlayBook yang dirancang sebagai perangkat keras komputer mini akan diluncurkan di belahan Amerika Utara dan Eropa pada Maret nanti sebagai "jawaban" atas produk yang sebelumnya telah diluncurkan Apple Macintosh, yaitu iPad. Berbeda dengan iPad, PlayBook berukuran lebih kecil dan ringkas dengan sejumlah keunggulan komparatif ketimbang kompetitornya yang telah sangat sukses dengan produk iPod dan iPhone-nya.

Dalam sesi khusus PlayBook yang dihadiri puluhan ahli teknologi informasi dunia itu, Sainsbury menyatakan, PlayBook digerakkan dalam sistem operasi QNX yang adalah turunan dari Linux sehingga lebih terbuka untuk aplikasi program-program lain pihak ketiga. "Kami mengembangkan dan menerapkan sistem operasi POSIX pada perangkat ini sementara kebanyakan perangkat sejenis berbasis Win 32," katanya.

Dengan menyandarkan operasi pada subsistem "microkernel", kata dia, kompartemen operasi aplikasi yang sedang dilakukan perangkat itu tidak akan saling mengganggu jika terjadi gangguan. Pada perangkat berbasis sistem operasi lain, hal sebaliknya akan terjadi karena tidak dilengkapi dengan "sekat" atau partisi operasi sistem.

Jika diibaratkan dengan komputer meja, katanya, maka sistem yang diterapkan di PlayBook mirip dengan jaringan beberapa komputer yang bisa saling berkomunikasi tanpa menciderai komputer lain manakala satu komputer mengalami gangguan pengoperasian. "Dengan `microkernel` ini, maka potensi kehilangan kemampuan prosesor yang pada banyak perangkat sejenis bisa mencapai 300 Mega Hertz, bisa dicegah. Jadi, jika dalam advertensinya dikatakan prosesor dan memori itu berkemampuan 1 Giga Hertz, maka sebenarnya dia hanya mencapai 700 Mga Hertz," katanya.

PlayBook merupakan salah satu andalan RIM pada kelas produk komputer mini dengan kemampuan "multi task", yang memungkinkan dia mengoperasikan secara bersamaan beberapa operasi program yang berbeda-beda. Dikatakan bahwa PlayBook bisa memenuhi keperluan para pebisnis hingga dunia militer. Program penentuan lokasi berbasis satelit (GPS) menjadi program standar yang bisa dikombinasikan dengan keperluan pertukaran data grafis dan video ataupun suara.

Secara fisik, PlayBook berukuran panjang 130 milimeter, lebar 194 milimeter, dan tebal 10 milimeter dengan bobot hanya 400 gram dan layar LCD sentuh tujuh inchi berresolusi 1024 kali 600. Perangkat ini memiliki dua kamera, satu kamera berkemampuan tiga Megapiksel di bagian depan melengkapi kamera lima Megapiksel di bagian belakang.

Jika terhubung dengan jaringan internet atau intranet, maka PlayBook bisa menjadi perangkat konferensi video karena gambar bergerak bisa berlalu secara mulus diiringi suara berkat dukungan koneksi 3G dan 4G. Menurut data dari RIM, PlayBook juga bisa diterapkan sebagai modem melalui kabel data atau menyandarkan diri dari pancaran gelombang WiFi atau Bluetooth.

Adapun perangkat lunak yang ditanamkan ke dalam perangkat ini adalah BlackBerrty Tablet OS, teknologi QNX didukung sistem operasi POSIX, SMP, BlackBerry 6, WebKit, Adobe Flash, dan Adobe Mobile AIR. Dalam demonstrasi pemakaian, layar bisa dipergunakan secara vertikal dan horizontal secara otomatis dan aplikasi yang dioperasikan bisa dimunculkan atau dihilangkan hanya dengan layar. Tampilan layar sangat grafis dan memenuhi keperluan tampilan yang dikehendaki pemakai. (Ant)

SOURCE:::::::::::::::::::::::::::::::::::::tvOne

JANGAN LUPA TULISKAN KOMENTAR ANDA.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fashion & Shopping (Luxury) - TOP.ORG