Jumat, 08 Oktober 2010

Ada Bunker di Stasiun Tanjung Priok [Video] #4

PUTRICANDRAMIDI - okezone - KEBERADAAN dua ruang yang diduga bunker dengan kemungkinan terdapat terowongan ke tempat lain, hingga kini masih menyisakan misteri. Meski misteri salah satu bunker, bunker utara, telah tersingkap sebagian.

Hall utama di Stasiun Tanjung Priok. (Foto: Andi Wesal/okezone)
Belum cukup hal itu, misteri lain Stasiun tua Tanjung Priok ternyata telah menunggu untuk disingkap tim gabungan eskplorasi yang menyertakan Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Serang. Apa itu?

Kepala Pusat Pelestarian Benda Bersejarah PT KA (Persero) Tri Prasetyo saat berbincang dengan okezone di kantornya beberapa waktu lalu, menyebutkan ruang rahasia lain di stasiun yang dibangun pada tahun 1914 itu. "Tidak menutup kemungkinan di bawah stasiun terdapat ruangan-ruangan yang digunakan untuk perkantoran," ungkap Tri.

Wow... luar biasa stasiun tua ini. Jika memang benar terdapat ruang perkantoran, berarti keberadaan Stasiun Tanjung Priok ini lebih dari sekedar sebagai fasilitas pendukung Pelabuhan Tanjung Priok saja. Tri menyebut, kemungkinan ruang perkantoran tersebut berada di bawah hall utama stasiun. Apalagi jika dilihat dari lantai 1, hall tersebut cukup luas dengan perkiraan lebih dari 1000 meter per segi.

Kemungkinan ruang perkantoran tersebut ada, ditambah dengan ingatan Tri pada masa kecil dulu. Tri yang mengaku tumbuh besar di pemukiman sekitar stasiun, belasan tahun silam, masih teringat adanya akses masuk ke dalam basement dari pelataran stasiun. Saat itu Tri seringkali bermain di sekitar Stasiun Tanjung Priok. Sayangnya, saat ini akses tersebut sudah tertutup. Tri memperkirakan akses tersebut ditutup saat terjadi renovasi stasiun sekira setahun silam. "Ya namanya pemborong, maunya cepat saja," keluhnya. Apakah ruang-ruang tersembunyi yang berada di Stasiun Tanjung Priok sudah cukup itu saja? Belum. Pihak PT Kereta Api (Persero) menduga ruang bunker yang berada di utara diduga berhubungan dengan ruang bunker yang berada di sisi timur. Bisa jadi terdapat ruang lainnya yang menjadi penghubung bunker utara dan timur.

Sejauh ini desas-desus terowongan yang tembus ke Pelabuhan Tanjung Priok, Museum Fatahillah, dan Pulau Onrust, belum terdapat petunjuk. Semoga saja, dalam lanjutan eksplorasi mendatang, semua ruang misterius yang berada di area Stasiun Tanjung Priok, dapat terungkap. Sehingga tujuan dari eksplorasi ini, yaitu mengungkap sejarah perkembangan stasiun, mengembalikan fungsi dan bentuk dari setiap ruangan ke kondisi awal, serta mengembangkan potensi aset-aset di stasiun untuk tujuan wisata budaya dan pendidikan, dapat terlaksana.(hri)



VIDEO BUNKER








JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fashion & Shopping (Luxury) - TOP.ORG