Kamis, 21 Oktober 2010

Rumah Pohon Suku Korowai

PUTRICANDRAMIDI - Mappi - Papua tidak hanya kaya akan keindahan alam yang dimilikinya, tapi juga keragaman suku-suku aslinya. Suku Korowai misalnya, mereka dijuluki "suku rumah pohon" karena mereka memang tinggal di atas pohon yang tingginya hingga 30 meter.

Suku Korowai mendiami wilayah Distrik Kaibar, Kabupaten Mappi, Papua. Mereka ini lah yang menjadi tujuan wisata Harley Bayu Sastha dan Erwin Yogaswara peserta ACI (Aku Cinta Indonesia) detikcom untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai tempat tinggal mereka.

"Waktu aku melihatnya takjub banget karena mereka bikin rumahnya gak dipaku hanya diikat akar rotan. Anehnya rumah tersebut kuat. Tangganya di batang pohon atau langsung dari akar rotan," ujar Harley, ketika dihubungi detikcom, Jumat (22/10/2010).

"Antara takut dan gak takut sih waktu naik ke atasnya. Tapi yakin saja lah kalau gak ada apa-apa. Kan mereka tinggal di sini, jadi sudah dijamin kuat lah," lanjut Harley lagi sembari tertawa.

"Ini pengalaman aku yang pertama, pas aku naik rumah pohon gemetaran soalnya rumah yang aku naiki tingginya 15 m dan tangganya sempat ada yang patah satu. Tapi karena aku dari kecil suka memanjat pohon, jadi gak ada masalah," timpal Erwin.

"Kenikmatannya ketika sudah sampai atas. Rasanya gak mau turun lagi. Pemandangan dari atas indah banget soalnya. Oh iya, mereka membangun rumah di atas pohon yang sangat tinggi supaya tidak diganggu oleh nyamuk dan binatang liar," sambungnya lagi.

Selain tinggalnya di atas pohon, suku Korowai juga mempunyai keunikan yang lain. "Orang Koroway larinya cepat banget seperti kasuari. Mereka terbiasa untuk saling memberi kabar," tutur Erwin.

JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMENTAR ANDA.......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Fashion & Shopping (Luxury) - TOP.ORG